ODIH HASAN - BELAJAR

 



Belajar bisa dimana saja. Saya tipe orang yang bisa tenggelam dalam bacaan di tengah hiruk. Tidak terganggu suara di sekeliling.


Bacalah! Perintah Jibril sampai tiga kali. Tiga kali pula Rasulullah berkata bahwa dia tidak bisa membaca. Sungguh pun begitu. Wahyu tetap diturunkan. Dan perintah membaca tetap ada.

.

Beragam tafsiran para ulama tentang hikmah mengapa Jibril harus mengulang perintah iqra' sampai tiga kali. Semuanya menguatkan pesan-pesan positif dari peristiwa terpenting di bumi malam itu.

.

Diantaranya untuk menegaskan bahwa Nabi SAW tidak sedang tertidur. Dia diatas kesadaran yang sempurna. Ini bukan mimpi. Ada lagi yang menjelaskan, inilah agama, kontak kata pertama antara Jibril dan Nabi SAW adalah kata 'bacalah', sedangkan kontak fisiknya adalah pelukan. Ajaran agama ini memelukmu. Membuatmu merasa damai, walau ketika sedang dipeluk kamu mungkin merasa kesusahan.

.

Ada makna lain dari perintah membaca berulang-ulang. Bahwa penuntut ilmu memang harus sabar. Harus mengulang-ulang. Jangan bosan membaca, bahkan teks yang sama. Jika kamu membacanya berulang-ulang, akan ada makna dan pemahaman baru dari teks itu.

.

Pertama kali kamu membaca satu materi, kamu mungkin hanya menyerapnya 30%. Ulangilah, pasti akan masuk lebih banyak pemahaman baru, kesimpulan baru. Hingga meningkat, kamu dapat memahami sepenuhnya maksud penulis. Bahkan punya perspektif baru sesuai pengalaman yang menyapamu zaman ini.

.

Membaca berulang-ulang, membuat lebih mudah memahami. Membuat lebih mudah mengamalkan. Dan lebih mudah menyatu menjadi kehidupanmu. Sehingga kamu seperti tanpa beban. Tidak letih membaca dan belajar. Bahkan asyik.

.

Ilmu ini manis sekali. Demi Allah, jika pemilik harta berlimpah tahu kenikmatan ilmu, mereka rela menukar semua yang mereka memiliki demi keindahan hidup di atas ilmu.

.

Motivasilah adik dan anakmu yang saat ini banyak mengeluh beratnya belajar online. Benar, berat. Membaca sendiri. Memahami sendiri. Dengan suasana diciptakan sendiri. Saya paham sekali itu. Sebab mengajar pun jauh lebih berat melalui online ini. Banyak toleransi saya kepada mahasiswa dalam memberi nilai, tugas, dan ujian.

.

Namun, Duhai kamu, pencinta ilmu, resapilah manisnya berjuang di jalan ilmu. Bacalah berulang-ulang, hingga keluar saripati manis pengetahuan. Kamu orang pilihan. Iya, kamu!!


#odie_hiphop #janjijiwa #kopisusu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DOA PEMBUKAAN JAMBORE PENDAMPING DESA SE - PROVINSI BANTEN

SAMBUTAN KETUA DPD KNPI KABUPATEN SERANG PELANTIKAN PENGURUS DPD KNPI KAB SERANG PERIODE 2015-2018

Contoh Teks Doa Sumpah Jabatan PPS